Pages

28 Maret 2011

Bahaya Merokok dan Penyakit yang di Timbulkannya

Kali ini terinspirasi dari seorang gadis yang menemani malam sepiku hari ini, cukup berbeda dengan malam-malam sebelumnya karena kali ini aku tidak berada di rumah kardus dengan teman-temanku, melainkan di rumahku sendiri dengan kesepianku. hoo
Berawal dari status facebook yang dibuatnya, aku mencari tahu apa yang menjadi keluh kesahnya akan hal itu. dan inilah jawaban dari bahaya merokok dan penyakit yang di timbulkannya.

 • Penyakit jantung dan stroke.
Satu dari tiga kematian di dunia berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan “sudden death” ( kematian mendadak). *Memang cukup mematikan, tetapi aku belum pernah melihat orang "mati mendadak" habis menghisap rokok.
• Kanker paru.
Satu dari sepuluh perokok berat akan menderita penyakit kanker paru. Pada beberapa kasus dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian, karena sulit dideteksi secara dini. Penyebaran dapat terjadi dengan cepat ke hepar, tulang dan otak. *inilah yang paling di khawatirkannya akan paru yang bolong-bolong katanyaa. :D
• Kanker mulut.
Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.
• Osteoporosis.
Karbonmonoksida dalam asap rokok dapat mengurangi daya angkut oksigen darah perokok sebesar 15%, mengakibatkan kerapuhan tulang sehingga lebih mudah patah dan membutuhkan waktu 80% lebih lama untuk penyembuhan. Perokok juga lebih mudah menderita sakit tulang belakang.
• Katarak.
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata. Perokok mempunyai risiko 50% lebih tinggi terkena katarak, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
• Psoriasis.
Perokok 2-3 kali lebih sering terkena psoriasis yaitu proses inflamasi kulit tidak menular yang terasa gatal, dan meninggalkan guratan merah pada seluruh tubuh.
• Kerontokan rambut.
Merokok menurunkan sistem kekebalan, tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti lupus erimatosus yang menyebabkan kerontokan rambut, ulserasi pada mulut, kemerahan pada wajah, kulit kepala dan tangan.
• Dampak merokok pada kehamilan.
Merokok selama kehamilan menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan dapat meningkatkan risiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Risiko keguguran pada wanita perokok 2-3 kali lebih sering karena Karbon Monoksida dalam asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen.
• Impotensi.
Merokok dapat menyebabkan penurunan seksual karena aliran darah ke penis berkurang sehingga tidak terjadi ereksi. *selama ini sepertinya masih normal aja. :p

*

Aku sudah sering mendengarkan celotehan kata-kata di atas dari seorang dokter dalam sebuah talk shownya mulai dari jenjang SMP yang  mewajibkan untuk mengikuti talk show itu dan di SMA pun juga masih di gebyar-gebyarkan untuk memberantas siputih penenang ini. Bahkan ketika aku ke dokter gigi, dia mengancamku untuk tidak akan membersihkan gigiku lagi apabila masih merokok, tetap "cuuuuek" dalam pikirku, "toh masih banyak dokter gigi yang mau mengecheck keadaan gigiku". Seakan cuma isyarat saja aku menanggapinya dan ak tetap berjalan seperti biasa dengan sebatang dengan asap putihku ini.
**
Tapi malam ini sungguh berbeda keadaannya, celoteh itu tidak datang dari seorang dokter atau guru dan dokter gigiku. Melainkan dari seorang gadis yang mengispirasikanku. oh my god, ak terheran-heran apa maksudnya, dan diapun bertanya "abg merokok kan ?", cukup lama ak menjawab pertanyaan satu ini dan diapun melanjutkan pernyataannya "mw abg sakit paru-parunya bolong-bolong" tentu tidak jawabku, dan dia juga tidak menginginkan hal itu terjadi padaku. seperti sosok yang sangat penuh dengan perhatian terhadap kehidupanku, dan ak pun berkata "emang gak bisa berhenti, tapi coba menguranginya", dan dia pun tidak memaksaku untuk langsung berhenti, melainkan memberikan tips ala dia "ngerokoknya sehari gk boleh lebih dari 3 yaa" entah apa yang ak pikirkan saat itu, tapi merasakan betapa besar perhatiannya kepadaku membuatku tersugest akan perkataannya. "nah besok-besoknya di kurangi lagi jadi 1 aja sehari" dan ak mengiyaakannyaa.
sungguh berbeda rasanya jika datangnya dari seseorang yang kita sayangi, walaupun berat akan kita coba dulu rasanya.  :D
 


0 komentar:

Posting Komentar

KRITIK DAN SARANNYA BOSZ..